"Selamat Datang Di Website Irsyad Project"

Ikhlas dalam Beribadah

IKHLAS DALAM BERIBADAH

Ikhlas Dalam Ibadah
Ikhlas

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang " hakikat ikhlas dalam beribadah " ...
 Semua Orang tentunya mendambakan bahagia dunia dan akhirat, dan untuk menempuh jalan bahagia tidaklah hanya ditempuh dengan santai, senang - senang,penuh dengan hura - hura dan berbagai hal yang melanggar syariat islam, akan tetapi harus ditempuh dengan jalan ibadah yang dilakukan sesuai dengan yang ditentukan oleh Allah, baik dalam Al Qur'an maupun sunnah Nabi saw.Untuk itu kita berusaha dengan optimal untuk melaksanakan syariat - syariat islam. dan kita berusaha menghindari dari segala hal yang menyimpang dari syari'at islam.

Kita semua telah sadar da mengetahui, bahwasannya Allah menciptakan manusia hanyalah semata - mata untuk beribadah kepadnya secara benar dan ikhlas. Namun syang seribu syang ada sebagian hamba Allah yang masih menyimpang dari syariat islam .Mereka merasa enggan beribadah kepada Allah. Bahkan kadang sebagian hamba Allah yang beribadah kepadaa Allah, akan tetaapi salah alamat dan tujuan. Mereka mencari tujuan yaang keliru di smping mencari keridhaan Allah juga mereka ingin mencari keridhaan manusia, ingin disanjung, di puji, dan juga ingin dia menjadi orang yang popularitas. Bila hal ini terdpat pada orang yang beriman maka kita harus secepatnya sadar dan mengetahui, bahwasannya seseorang beribadah itu semata - mata hanya untuk mencari ridha Allah.
Ketahuilah, Bahwa Allah itu hanya menerima ibadah dari hambanya yang ikhlas.Ikhlas artinya beribadah semata - mata karena ingin mencari keridhaan dari Allah.dan berarti Ibadah yang dilakukan karena hal yang lain itu hanyalah sia - sia.
melaksanakan ibadah yang didasari rasa ikhlas hakikatnya adalah mengerjakan kebaikan yang tidak ingin dilihat, diketahui, apalagi di pamerkan kepada orang lain. Marilah kita jauhi perbuatan riya karena perbuatan tersebut dapat menghancurkan amalan kita yang pada akhirnya akan sia sia. dalam hal ini Nabi saw. bersabda :
للمرائ اربع علامات يكسل اذاكان وحده وينشط اذا كان مع الناس ويزيد في العمل اذا اثنى عليه وينقص اذا ذم به

Artinya : Empat macam tanda bukti bagi orang - orang yang riya' yaitu :
              1. Malas ketika sedang sendirian 
              2. Sangat tangkas/giat di hadapan orang banyak
              3. Amal ibadah meningkat ketika dipuji
              4. Menurun ketika dicela prilaku ibadahnya.

Semoga kita tidak mempunyai sifat2 seperti di atas yang telah disabdaka oleh nabi Muhammad Saw.Amin
Mungkin Cukup Itu saja yang dapat saya sampaikan,Semoga bermanfaat ... dan ingat beribadaahlah dengan ikhlas dan jauhi sifat riya' ... Okey
Ya ... Mungkin ada kesalhan dalam tutur kata saya mohon maaf sebesar besarnya..

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Previous
Next Post »

Mohon Gunakan Kata - kata yang baik dan sopan !!! ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment