"Selamat Datang Di Website Irsyad Project"

Cara Konfigurasi Multiple Versi PHP di XAMPP

Assalamualaikum Wr Wb
Halo teman - teman onlineku, Sudah lama admin tidak update postingan di website ini, dan akhirnya pada hari ini admin punya bahan untuk di post di website ini. Kali ini admin akan membagikan sebuah Trik yaitu Cara Konfigurasi Multiple Versi PHP di Aplikasi XAMPP, XAMPP adalah software yang opensource atau gratis yang digunakan untuk mengkompilasi berbagai macam program, diantaranya adalah program yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, sedangkan fungsi dari XAMPP ini adalah untuk menjadi server yang berdiri sendiri (Lokal Server). dalam XAMPP terdapat beberapa module yang sangat membantu kita dalam bekerja,  modul tersebut adalah Apache, MySQL, FileZilla, dll.
Karena Versi XAMPP sendiri saat ini sangat banyak sekali, Mulai dari XAMPP versi lama hingga XAMPP versi terbaru. tentu saja dalam versi XAMPP tersebut terdapat fitur yang berbeda contoh: XAMPP versi lama biasanya hanya dapat mengkompilasi PHP versi 5.4 kebawah, Sedangkan XAMPP versi terbaru hanya dapat mengkompilasi PHP Versi 5.6 ke atas sampai PHP Versi 7.4 saat ini. Karena hal tersebut disini admin akan membagikan sebuah trik agar XAMPP yang teman-teman gunakan dapat mengkompile banyak versi PHP dalam satu aplikasi XAMPP. ok, langsung saja ke triknya:

Disini Admin menggunakan XAMPP versi 7.2.30 yang didalamnya terdapat Versi PHP 7.2.30. dan Admin ingin versi XAMPP ini dapat mengkompilasi PHP Versi 7.1 dan 5.6. Agar dapat berfungsi seperti itu maka teman-teman perlu megunduh (download) file bahan di link download berikut ini :


*Catatan : Pilih file sesuai dengan versi sistem operasi yang teman-teman gunakan.

Contoh disini saya download yang versi x64 sebab saya menggunakan sistem operasi 54bit

jika teman-teman sudah download file diatas langkah selanjutnya adalah ekstrak file yang sudah teman-teman download kedalam folder instalasi xampp yang teman-teman gunakan.
Selanjutnya masuk kedalam folder yang sudah kita ekstrak tadi, kemudian cari file yang bernama php.ini-production, Kalau sudah ketemu selanjutnya rename file tersebut menjadi php.ini

Kemudian buka file php.ini tadi dan hapus simbol ; pada awal kalimat seperti gambar dibawah ini:


Jika sudah selanjutnya simpan.
kemudian buka aplikasi XAMPP yang temen-temen gunakan dan klik tombol config selanjutnya pilih Apache(httpd-xampp.conf).

kemudian masuk ke baris yang paling akhir dan pastekan script berikut ini :

jika sudah silahkan temen-temen jalankan XAMPP nya dan buka http://localhost:8056(port menyesuaikan dengan script diatas)/dashboard/phpinfo.php 

Selesai.

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

Mohon Gunakan Kata - kata yang baik dan sopan !!! ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment